16 November 2020

Jangan Menunda Pekerjaan, Ini 3 Trik Kerja Cerdas Supaya Pekerjaan Cepat Tuntas

Di era modern ini, kita sebagai karyawan dituntut untuk selalu proaktif dan cepat dalam menuntaskan pekerjaan. Persaingan antar perusahaan yang tinggi mendorong setiap perusahaan untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensi karyawan. Otomatis, kita mau tidak mau harus menyesuaikan kapasitas bekerja dengan tuntutan zaman. Tidak mau kan kalau kita dipecat hanya karena kerja kita kurang cepat?

Pasti kita sering mendengar pepatah lama “kerjalah dengan cerdas, bukan keras”. Nah, kebanyakan orang akan condong untuk bekerja lebih keras saat diminta untuk meningkatkan efektivitas dan efisiensinya dalam bekerja. Tidak salah, memang dengan bekerja lebih keras otomatis pekerjaan yang dapat diselesaikan akan lebih banyak. Cuman, sampai manakah kapasitas mental dan fisik kita mampu untuk terus-terusan dipaksa bekerja keras? Ingat, bekerja terlalu keras dan menghabiskan energi yang tinggi tidak baik. Jangan sampai, demi tuntutan pekerjaan kita mengorbankan fisik apalagi kebahagiaan bersama keluarga dan orang tersayang.

Bekerja yang cepat, efisien, dan efektif yang tepat adalah kerja cerdas. Dengan bekerja secara cerdas, otomatis pekerjaan yang rumit dan berat bisa disederhanakan. Perbedaan antara bekerja keras dan bekerja keras adalah saat bekerja keras kita mudah diawal tapi kesusahan untuk mempertahankan mental dan fisik kita pada level yang tinggi dalam waktu yang lama. Sedangkan bekerja cerdas, akan sulit di awal namun mudah di akhir. Kenapa? Karena awalnya akan sulit membentuk kebiasaan baru, mempelajari caranya supaya efektif dan efisien, mencari celah pekerjaan, membiasakan diri dengan cara berpikir yang baru dan meninggalkan pola pikir konvensional. Namun, kalau sudah ‘klik’ dengan trik-trik kerja cerdas pasti kedepannya kita tidak perlu bekerja ekstra sampai lembur hanya demi meningkatkan efektivitas dan efisiensi kita.

Kabar baiknya, tidak ada kata terlambat untuk mempelajari tips dan trik kerja cerdas yang akan saya bagikan. Pelajari dan diterapkan ya!

1. Melakukan penyusunan rencana kerja

Inilah langkah pertama dan utama untuk bekerja cerdas, yaitu menyusun rencana kerja yang baik. Saat diberikan pekerjaan, kita cenderung menggunakan sistem yang pertama diterima maka akan dikerjakan duluan. Tapi, Anda akan pusing 7 keliling kalau dalam waktu yang singkat diminta untuk menyelesaikan banyak pekerjaan sekaligus. Nah ini pentingnya menyusun rencana kerja. Untuk mempraktikkannya, Anda harus menentukan skala prioritas dan mendesak. Pekerjaan yang memiliki prioritas tinggi dan mendesak tinggi harus didahulukan, disusul dengan pekerjaan yang prioritas sedang dan mendesak tinggi, kemudian prioritas tinggi mendesak sedang, prioritas dan mendesak sedang, terakhir prioritas dan mendesak rendah. Dengan memecah pekerjaan seperti diatas, Anda akan fokus dan tidak merasa dikejar deadline. Karena, Anda sudah menganalisis kepentingan dan prioritas dari masing-masing pekerjaan.

2. Belajar keterampilan multitasking mulai dari yang simpel

Pasti ada pekerjaan yang berkaitan satu dengan lainnya atau 1 pekerjaan tapi membutuhkan kerjasama tim untuk menyelesaikannya. Kita tentu tidak boleh mengabaikan tim dan malah akan merugikan pekerjaan itu sendiri. Nah, triknya disini adalah belajar melakukan hal yang berbeda namun masih berkaitan seperti mengerjakan dokumen pajak dan dokumen keuangan. Usahakan, memberikan catatan yang harus dilakukan selanjutnya saat sedang pindah ke pekerjaan lain. Kemudian, usahakan untuk fokus pada pekerjaan dan komunikasi dengan tim yang berhubungan dengan pekerjaan yang sedang dikerjakan. Awalnya akan sulit dan mungkin ada pekerjaan yang sedikit mundur waktu pengerjaannya. Namun seiring waktu, maka akan terbiasa bekerja cerdas.

3. Manfaatkan teknologi

Dewasa ini, perkembangan teknologi sangat pesat. Untuk itu, hal-hal yang tidak penting namun merepotkan harus bisa dikerjakan dengan teknologi. Seperti contoh aplikasi DingTalk Lite yang memiliki fitur approval online. Fitur ini memudahkan approval yang sifatnya memakan waktu dan tidak efisien. Caranya, kita bisa mengajukan approval melalui aplikasi DingTalk Lite dan kemudian menunggu tanda tangan dari pihak terkait. Mudahnya pengaplikasian teknologi sekarang harus kita manfaatkan untuk bekerja cerdas.

Sisanya, percaya dan yakin akan diri anda sendiri. Tahu akan kapasitas diri dan tekun dalam menerapkan tips diatas, niscaya akan membantu Anda untuk bekerja lebih cerdas.