20 Oktober 2020

DingTalk Lite “Smart-Work”
untuk Solusi Kerja menjadi Lebih Cerdas

DingTalk Lite Indonesia merupakan aplikasi yang berguna untuk berkomunikasi serta berkolaborasi. Saat ini DingTalk Lite telah banyak digunakan oleh beberapa perusahaan di dunia karena kebijakan kerja dari rumah (Work From Home) saat pandemi Covid-19. Sebagai bagian dari Alibaba Group, DingTalk Lite mempunyai dukungan teknis yang sangat baik dan dapat diandalkan. Alibaba mengungkapkan bahwa DingTalk telah digunakan lebih dari 10 juta perusahaan dan 120 juta siswa di seluruh China saat pandemi ini berlangsung.

DingTalk Lite memiliki keunggulan serta fitur yang cukup mumpuni untuk melakukan pekerjaan secara cerdas (Smart Work) dari rumah maupun dari luar kantor. Berikut merupakan beberapa fitur unggulan yang dapat digunakan pada aplikasi DingTalk Lite:

1. Attendance (Smart Attendance)

Dengan mengusung aplikasi mobile sebagai peran utama penggunaan Attendance, DingTalk Lite menawarkan kemudahan untuk melakukan absensi untuk semua karyawan atau pengguna yang disambungkan secara Real-Time¬ memanfaatkan GPS dengan lokasi yang harus didaftarkan sebelumnya. Bila pengguna keluar atau jauh dari lokasi yang telah didaftarkan DingTalk Lite Attendance ini akan memberi tahu bahwa pengguna out of range.

2. Approval (Simple Mobile Approval)

Kemudahan untuk melakukan pekerjaan dari rumah atau dari luar kantor yang sangat diandalkan oleh DingTalk Lite ini, membawa semua dokumen atau berkas pengajuan yang masih konvensional dan memiliki beberapa kelemahan bila salah satu karyawan atau pekerja tidak dapat hadir dengan alasan shift yang berbeda selama masa pandemi ini akan dijawab dengan metode secara digital dalam bentuk mobile. Menu Approval pada DingTalk Lite memiliki fitur yang mudah untuk disesuaikan dengan kebutuhan dokumen yang ada, dengan didukung untuk template yang customize diharapkan dapat menjawab kesulitan yang ditemukan dari perpindahan sistem yang masih Konvensional menjadi system secara digital.

3. Report (Summarize Easily)

Dengan adaptasi “Smart Work” segala macam proses pekerjaan diubah menjadi digital, kepercayaan akan fitur yang dapat diandalkan menjadi satu-satunya cara agar proses ini dapat berjalan. Tidak terkecuali Laporan / Report, membuat report secara digital dengan bantuan software desktop tidak menjadikannya “Smart Work” yang dituju oleh DingTalk Lite, dengan membawa fitur Report kedalam bentuk mobile, DingTalk Lite percaya akan membantu pengguna untuk membuat report yang Shareable dan Convenient. Templates Report yang dapat dibuat sesuai kebutuhan digunakan untuk memfasilitasi kemajuan tim dan dengan tambahan pengingat yang diharapkan dapat meningkatkan partisipasi.

4. Check-In (Field Staff Communication)

Tidak dapat dipungkiri bila bekerja dari rumah tidak selalu bisa dilakukan. Salah satu contohnya adalah para pekerja lapangan, mereka harus tetap keluar untuk menyelesaikan tugas yang diberikan. Fitur ini ditujukan untuk memberikan informasi atau status kepada tim lain yang tidak berada di lapangan. Dengan menggunakan GPS secara Real-Time dan informasi untuk Client yang didatangi, sangat mempermudah untuk dilakukannya Record Notes selama kunjungan pekerja lapangan. Selain itu, fitur ini dapat diaktifkan atau dinonaktifkan oleh perusahaan.

5. Announcement (Simple and Effective)

Pada aplikasi DingTalk Lite terdapat juga fitur Announcement. Fitur ini dibuat secara Simple dan Effective yang mana dapat menginformasikan secara utuh dan tepat kepada semua pengguna atau karyawan. Dapat membuat pengumuman secara Text dan Photo untuk kemudahan pengguna.

Sistem kerja dari Dingtalk Lite adalah mengelompokkan dan menampilkan pengguna berdasarkan badan organisasi, sehingga memudahkan untuk mencari anggota lain dalam suatu organisasi yang sama.

Keunggulan aplikasi DingTalk Lite tentunya bisa dimanfaatkan saat penyebaran Covid-19 semakin meluas. Sehingga komunikasi pribadi atau pekerjaan tidak terganggu. Meskipun dalam kondisi yang berbeda dan kurang kondusif.

Dengan fitur “Smart Work” yang ada, DingTalk Lite percaya dapat menjawab dan membantu kesulitan yang dihadapi oleh perusahaan maupun organisasi yang ada di Indonesia.

Tags: Attendance, Approval, Report, Check-In, Announcement, Covid19, DingTalk Lite Indonesia