09 November 2020

Alat Absensi Tanpa Sentuhan! DingTalk B1 Bluetooth Attendance Machine

Dengan perkembangan Teknologi informasi untuk mendukung kebutuhan dalam bekerja, saat ini banyak sekali perusahaan yang mengembangkan dan mencari untuk teknologi-teknologi yang mampu meningkatkan kinerja dari masing-masing karyawan, salah satu teknologi yang dibutuhkan adalah mesin absensi.

Demi kemudahan yang didapatkan, Ada banyak mesin absensi yang ditawarkan dalam dunia teknologi saat ini, dengan memilih mesin absensi yang tepat adalah langkah awal yang bisa dilakukan perusahaan untuk mempercepat dan mempermudah setiap karyawannya dalam melakukan absensi.

Mesin absensi memiliki banyak manfaat dan kegunaan, serta memberikan efek positif bagi perusahaan. Manfaat yang ditawarkan sering kali membuat perusahaan salah dalam memilih mesin absensi yang tepat untuk perusahaannya, Berikut adalah beberapa pembahasan dan jenis dari teknologi mesin absensi yang banyak ditawarkan dan digunakan untuk perusahaan.

Mesin Absensi

Mesin Absensi adalah perangkat keras yang digunakan untuk mendata dan mengetahui kehadiran karyawan. Karena kegunaan mesin absensi yang penting seperti mencatat jam masuk dan keluar kerja karyawan, perusahaan sangat membutuhkan mesin absensi untuk mendapatkan report dari kehadiran karyawan untuk dijadikan bahan untuk penggajian dan evaluasi karyawan.

Jenis – Jenis Mesin Absensi

Jenis mesin absensi fingerprint adalah salah satu dari contoh mesin absensi yang ada, tetapi masih memiliki beberapa kekurangan untuk perusahaan, dengan itu berikut beberapa penjelasan untuk jenis mesin absensi yang ada untuk dipahami.

• Mesin Absensi Kartu

Mesin absensi kartu adalah satu dari beberapa contoh mesin absensi yang ada, mesin generasi awal untuk absensi ini dulu adalah jenis mesin yang lumayan banyak ditemukan, namun kegunaannya yang masih membutuhkan kertas untuk pencatatan absennya menjadi alasan jenis mesin absensi ini ditinggalkan.

Perusahaan yang memikirkan manfaat untuk tidak terlalu menggunakan banyak kertas lebih memilih menggunakan mesin absensi lain yang dapat menghemat biaya.

• Mesin Absensi Biometrik

Sudah banyak orang yang tidak asing dengan jenis mesin absensi satu ini, karena mesin absensi biometric adalah jenis mesin yang banyak digunakan perusahaan dengan menggunakan sensor pendeteksi bagian pada tubuh manusia.

Mesin Absensi biometrik ini pada umumnya menggunakan fingerprint , yang ditujukan untuk mengurangi kecurangan karyawan seperti menitipkan absen kepada karyawan lain atau dengan cara lain yang dapat merugikan perusahaan.

• Mesin Absensi Digital

Mesin absensi digital adalah salah satu jenis mesin absensi yang dihadirkan pada era saat ini yang serba digital, jenis mesin ini merupakan perkembangan dari beberapa mesin absensi pendahulunya yang dibuat menjadi digital. Cara penggunaannya dengan menggunakan PIN, kartu magnetik dan kartu barcode.

Banyak perusahaan yang memanfaatkan jenis mesin absen ini, karena dapat mengurangi kecurangan yang bisa terjadi, namun jenis mesin absensi ini masih memiliki kelemahan karena harus melakukan kontak langsung dengan mesin digital tersebut.


Dari beberapa jenis mesin absensi yang disebutkan diatas ada 1 jenis mesin absensi lain yang tingkat keakuratan dan keamanannya sangat tinggi, yang tidak memerlukan banyak tempat, tidak perlu melakukan instalasi yang sulit, tidak memperlukan jaringan, tidak memerlukan perangkat keras lain seperti flashdisk, dan mendukung cloud serta sinkronisasi enkripsi dinamis.

Digital Bisnis Inteligensi menghadirkan alat absensi dengan harga termurah, kualitas terbaik! DingTalk B1 Bluetooth Attendace Machine yang mendukung peran jenis absensi terbaru secara online yang memberikan akses touchless atau tanpa sentuhan, sudah banyak pengembang aplikasi untuk absensi secara online, namun tidak sedikit pula kelemahan-kelemahan yang bisa ditemukan pada absensi secara online.

DingTalk Lite sebagai penyedia layanan HRIS berbasis online yang fokus pada kemudahan yang bisa membantu perusahaan meningkatkan kinerja karyawannya, menyediakan jenis mesin absensi Bluetooth dengan perangkat keras bernama DingTalk B1 Bluetooth Attendace Machine. DingTalk B1 Bluetooth Attendace Machine ini dikoneksikan melalui Bluetooth dengan fitur absensi secara online yang ada pada DingTalk Lite.

Absensi Online yang ada pada DingTalk Lite memiliki manfaat yang bisa menjawab kesulitan perusahaan untuk memanajemen Sumber Daya Manusia (SDM) pada perusahaannya, dengan didukung DingTalk B1 Bluetooth Attendace Machine membuat karyawan dapat meninggalkan antrian untuk melakukan absensi. Mengingat dimasa pandemi Virus Corona atau COVID-19 yang membuat perusahaan mengharuskan membagi jadwal kerja karyawan untuk WFO (Work From Office) dan WFH (Work From Home), memilih perangkat DingTalk B1 Bluetooth Attendace Machine sebagai mesin absensi untuk perusahaan adalah solusi yang sangat tepat.

DingTalk B1 Bluetooth Attendace Machine memiliki spesifikasi tinggi dan ringan yang bisa dirasakan manfaatnya oleh perusahaan, mengadopsi sistem Bluetooth, Sinkronisasi instant secara cloud, akurat dan aman, dengan bentuk perangkat yang tidak membutuhkan instalasi sulit di kantor. DingTalk B1 Bluetooth Attendace Machine didukung oleh 9 tingkat keamanan dengan teknologi keamanan cloud yang dapat di program, yaitu :

  1. Teknologi Anti-serangan DingTalk Lite Alibaba Cloud
  2. Teknologi Keamanan Layanan Dingtalk Lite
  3. Teknologi Keamanan Komunikasi Dingtalk Lite
  4. TOPT Keamanan Teknologi Dinamis
  5. Teknologi Keamanan Kotak Hitam Ponsel Alibaba Group
  6. Teknologi Keamanan Komunikasi Bluetooth
  7. Teknologi Verifikasi Keamanan Identitas
  8. Teknologi Verifikasi Keamanan Lokasi Peralatan
  9. Teknologi Keamanan Wajah

Dengan memanfaatkan teknologi Bluetooth yang membuat absensi lebih sederhana dan efisien membuat sidik jari dan entri wajah sudah tidak dibutuhkan lagi, mendukung 100 orang karyawan dapat menyelesaikan absensi dalam waktu 3 detik. Tidak membutuhkan internet, yang dapat diletakan sesuka hati pada kantor.

Bluetooth 5.0 membuat sambungan DingTalk B1 Bluetooth Attendace Machine menjadi pesat dengan konsumsi daya BLE rendah, transmisi sinyal stabil dan cepat. Cukup menggunakan 2 baterai type AAA, membuat DingTalk B1 Bluetooth Attendace Machine dapat digunakan selama lebih dari 6 bulan dengan 10.000 orang absen setiap hari.

DingTalk B1 Bluetooth Attendace Machine yang menjadi solusi dari absensi diperusahaan dan menjadi inovasi untuk mesin absensi dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan kinerja perusahaan.

Segera hubungi kami untuk pembelian dan informasi lebih lanjut Telp/WA +6281-7048-6666 atau email info@dingtalklite.id