26 Oktober 2020

4 Fitur Penting Pada HRIS Yang Harus Dipahami

Sumber Daya Manusia adalah salah satu bagian paling penting yang harus diperhatikan dalam perusahaan apa pun. Tanpa Pengelolaan SDM yang baik dan benar, perusahaan akan mengalami kesulitan untuk berkembang dan mencapai target secara objektif. Mengelola SDM bukan hanya tentang memotivasi atau mendisiplinkan karyawan, tetapi juga mengembangkan dan memberikan hak mereka. Ada juga hal-hal lain yang perlu dikelola seperti rekrutmen dan pembayaran pajak, sehingga Human Resource Department (HRD) membutuhkan penanganan yang intensif.

Ketika mengelola SDM perlu diperhatikan segala aspek untuk mengembangkan dan memberikan hak mereka. Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam mengelola SDM yaitu pada saat rekrutmen dan setelah bergabung menjadi bagian dari perusahaan. Sistem Informasi Sumber Daya Manusia atau Human Resource Information System (HRIS) adalah salah satu alat bantu untuk mengelola SDM pada saat ini. Telah banyak perusahaan yang menggunakan Aplikasi Sistem HRIS demi kemudahan dalam mengelola SDM di perusahaannya.

Dalam HRIS pun ada beberapa hal yang harus diperhatikan, terutama pada fitur-fitur yang di tawarkan, seperti :

• Fitur Manajemen Absensi Karyawan

Fitur pertama pada HRIS yang harus dipahami adalah Manajemen Absensi Karyawan, fitur ini menjadi penting karena menjadi dasar untuk perusahaan dapat menilai kehadiran pekerja dan mengukur produktivitas seorang pekerja.

• Fitur Personal untuk karyawan

Dengan memberikan kemudahan karyawan secara langsung dan personal untuk menggunakan aplikasi HRIS pada Mobile atau Desktop membuat karyawan merasa mudah untuk memproses pekerjaan tanpa harus melibatkan pihak lain. Fitur yang mendukung pekerjaan dalam satu aplikasi yang dapat diakses dari mana pun dan kapan pun akan bermanfaat karena kemudahan ini akan menguntungkan kedua belah pihak dari sisi karyawan maupun perusahaan.

• Fitur Informasi secara langsung dan autentik

Memberikan informasi yang tepat dan cepat kepada karyawan juga menjadi dasar perusahaan untuk membuat SDM yang ada diperusahaannya menjadi lebih update dan cepat berkembang. Kesalahan yang sering terjadi dalam pemberian informasi seperti Informasi yang dari karyawan satu ke karyawan lainnya, melalui pesan singkat seperti WhatsApp atau email yang menumpuk dan sering kali diabaikan bisa jadi penghambat untuk berkembangnya perusahaan. Dengan HRIS informasi yang dikumpulkan menjadi satu dan terpadu dapat memudahkan karyawan untuk melihat informasi secara langsung dan autentik dari perusahaan.

• Fitur Laporan Analitik

Informasi mengenai perkembangan pekerjaan, ketika dilakukan evaluasi tidak jarang terdapat kesalahan yang membuat evaluasi menjadi kurang tepat, dibutuhkannya laporan secara analitik yang dapat mengukur kinerja karyawan dan proses yang terjadi pada perkembangan perusahaan yang ada pada aplikasi HRIS.


Fitur tersebut merupakan beberapa dari banyaknya fitur penting HRIS yang perlu dipahami oleh setiap perusahaan, demi kelangsungan bisnis dan berkembangnya perusahaan.

DingTalk Lite Indonesia sebagai salah satu penyedia layanan HRIS yang ada di Indonesia dapat menyediakan berbagai macam fitur yang mampu mendukung proses bekerja secara digital melalui aplikasi Mobile dan Desktop. Dengan mengadaptasi sistem Cloud berteknologi tinggi, sehingga perusahaan dapat memanfaatkannya untuk proses manajemen yang lebih cepat dan mudah.

Tags : Mobile, Desktop, HRIS, Report, Announcement, SDM, Cloud, DingTalk Lite