1 November 2020

Alasan Penting Untuk Perusahaan Beralih ke HRIS

Menghadapi tren revolusi industri digital, setiap perusahaan dituntut untuk memaksimalkan kinerja usahanya menjadi lebih cepat dan berkembang. Pergerakan roda ekonomi yang tidak bisa diprediksi dengan adanya pandemi saat ini, membuat sektor pekerjaan berangsur-angsur dialihkan ke proses yang serba digital.

Di dalam proses manajemen perusahaan terdapat beberapa hal penting yang harus dilakukan treatment untuk mengontrol pergerakan perusahaan, manajemen merupakan salah satu cara yang bisa diterapkan di sebuah perusahaan. Ada beberapa jenis manajemen perusahaan yang saling mendukung satu sama lain, seperti manajemen operasional, manajemen keuangan, manajemen sumber daya manusia, dan manajemen lain yang tidak kalah berperan dalam sebuah perusahaan.

Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan salah satu hal yang terpenting dari beberapa manajemen yang ada di perusahaan, tim Human Resource (HR) adalah divisi yang bertanggung jawab atas manajemen Sumber Daya Manusia yang ada di perusahaan. Tim HR bertanggungjawab atas proses rekrutmen, penggajian, training, hingga performance appraisal, belum lagi bila salah satu karyawan sedang mengalami masalah pasti akan berkonsultasi ke bagian HR. Dengan tanggung jawab yang besar seperti itu, maka HR dituntut untuk bekerja dengan profesional dan untuk mendukung tuntutan tersebut telah tersedia berbagai software pendukung pekerjaan HR.

HRIS (Human Resource Information System) adalah software pendukung pekerjaan HR yang telah banyak digunakan oleh berbagai macam perusahaan, dengan tujuan mempermudah dan menjawab tren revolusi industri digital, HRIS banyak diandalkan perusahaan-perusahaan di luar maupun di dalam negeri. Dengan mempertimbangkan hal itu, perusahaan yang masih menggunakan sistem secara manual perlu mengetahui beberapa alasan penting mengapa harus beralih ke sebuah sistem digital dan meninggalkan cara lama yang masih mereka gunakan. Berikut ini adalah alasan-alasan penting untuk beralih ke sistem HRIS.

• Semua Data Terpadu Dalam Satu Sistem

Data yang terpusat dan terpadu dalam satu sistem menjadi alasan utama yang dapat memberikan daya tarik terhadap penggunaan HRIS, data yang tersimpan dan terenkripsi dengan baik dalam server Online bisa diakses kapan pun jika dibutuhkan.

• Melihat Penilaian Performa Karyawan

Dengan menggunakan HRIS yang memiliki fitur sesuai kebutuhan mampu memberikan informasi mengenai performa karyawan, melakukan penilaian melalui form yang diisi secara Online, karyawan dapat mengetahui progres perkembangan performanya dan dapat dimaksimalkan agar lebih baik.

• Meminimalisir Kehilangan Dan Data Yang Tidak Valid

Selain efisiensi waktu dan biaya, dengan adanya aplikasi HRIS membuat proses manajemen SDM lebih terpadu dan optimal. Meminimalisir kehilangan data dengan penyimpanan secara Online yang perkembangannya diperbarui secara otomatis membuat data tersimpan dengan baik, proses back-up yang menyimpan data secara optimal dengan tujuan menghindari data rusak atau corrupt pun turut andil dalam proses otomatis yang ada pada sistem HRIS, sehingga pemulihan data jauh lebih mudah.

Dengan proses secara online yang setiap aktivitasnya selalu tercatat menggunakan sistem, proses data yang tidak valid pun dapat diminimalisir. Fleksibilitas bila ada kesalahan pengimputan dapat diatasi dengan notes yang diberikan sebagai informasi.


Beralih menggunakan aplikasi HRIS yang memiliki banyak kelebihan adalah kebutuhan yang tidak dapat terhindari bagi setiap perusahaan untuk menghadapi perkembangan digital dengan kondisi yang tidak pasti seperti adanya pandemi saat ini. Manajemen Sumber Daya Manusia adalah hal terpenting bagi perusahaan, penggunaan aplikasi HRIS juga akan mendatangkan kemudahan untuk proses manajemen perusahaan.

Jika seluruh hal mengenai Sumber Daya Manusia dan administrasi dikelola dengan tepat, maka dapat dipastikan untuk produktivitas dan performa dari perusahaan akan mengalami peningkatan.

DingTalk Lite yang merupakan aplikasi HRIS yang mampu menjawab kebutuhan perusahaan dalam manajemen Sumber Daya Manusia bisa dipertimbangkan untuk penggunaannya bagi perusahaan. Pelajari lebih lanjut mengenai DingTalk Lite Indonesia dengan mengunjungi https://www.dingtalklite.id