04 November 2020

Aplikasi HRIS Yang Mendukung Start-Up Indonesia Menjadi Efektif dan Efisien

Berkembang dan semakin meningkatnya jumlah Start-up di Indonesia menjadi langkah yang sangat bagus untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi dan daya saing Indonesia terhadap Internasional dalam bidang Digital. Berbagai macam Start-up yang bergerak di berbagai industri dan dari yang berskala kecil hingga besar harus menunjukkan persaingan yang unggul. Selain itu, walaupun perusahaan berfokus pada peningkatan penjualan, namun tidak membuat pelaku usaha melupakan strategi untuk menghadapi persaingan secara digital.

Banyak perusahaan Start-up yang sudah mulai menerapkan sistem bekerja secara Online, selain menjawab permasalahan bekerja dimasa pandemi virus Covid19 ini, bekerja secara Online juga membuat bisnis tetap berjalan dan membantu memutarkan roda perekonomian di Indonesia. Tidak sedikit pula perusahaan Start-up yang baru memulai dengan metode kerja konvensional, yang masih harus bertatap langsung untuk menjalankan bisnisnya.

Dengan menggunakan metode konvensional untuk menjalankan bisnis di masa yang serba digital dan ditambah dengan pandemi virus Corona, membuat perusahaan sulit bersaing. Banyak faktor yang harus dipertimbangkan dan di kelola dengan benar, salah satu yang harus diberikan perhatian lebih adalah manajemen Sumber Daya Manusia (SDM). Banyak perusahaan Start-up yang baru memulai mengalami kebutuhan akan sistem yang efisien dalam menyelesaikan tugas terkait Sumber Daya Manusia (SDM). Dengan menggunakan pihak ketiga pada bidang Start-up untuk membantu menyelesaikan permasalahan manajemen SDM adalah Human Resource Information System (HRIS).

Untuk perusahaan Start-up yang baru memulai usahanya, menggunakan aplikasi HRIS akan sangat menguntungkan, mengatur jadwal bekerja karyawan, absensi, report, serta fitur-fitur untuk virtual office semua terdapat dalam aplikasi HRIS. Berikut adalah kemudahan-kemudahan yang dapat membantu para pelaku usaha Start-up yang baru memulai atau bahkan mengembangkan bisnisnya dengan HRIS.

Pengembangan Karyawan

Memberi evaluasi secara khusus untuk peningkatan kinerja karyawan dapat terus dilakukan setiap hari maupun dengan jadwal yang telah ditentukan, dengan memberikan training adalah langkah awal sebagai fondasi peningkatan kinerja yang mempunyai tujuan berkembang bersama demi mencapai target yang baik untuk perusahaan.

Dengan HRIS melakukan training bisa kapan pun dan dimana pun secara Online, training dengan satu arah (live) maupun bersama dengan audience bisa dilakukan bersamaan dengan sekala besar, yang bertujuan agar pesan yang ingin disampaikan dapat langsung diterima oleh setiap karyawan di perusahaan.

Penjadwalan Kerja Karyawan

Dengan fitur yang sudah dipersiapkan secara Online seperti absensi, cuti, lembur, menjadi keunggulan penggunaan HRIS untuk perusahaan Start-up yang baru memulai usahanya. Manajemen SDM dan manajemen waktu akan sangat efisien mengingat kebutuhan akan dunia digital dimasa sekarang ini.

Setiap hak dan kewajiban karyawan mengenai jadwal pekerjaannya akan tercatat otomatis dengan sistem yang sudah dipersiapkan , pengaturan sistem kerja secara shift pun dapat terkontrol dengan baik terlebih terintegrasinya dengan sistem yang mempermudahkah penilaian yang memberi data statistik untuk evaluasi perkembangan.

Mobilitas untuk karyawan

Membuat semua menjadi lebih ringkas dan cepat adalah tujuan dari setiap perusahaan Start-up diciptakan, bersinergi dari satu usaha Star-up dengan yang lainnya akan menciptakan proses yang mampu mencapai masing-masing tujuan degan lebih cepat.

HRIS selain mempermudah manajemen SDM juga dapat membantu proses administrasi yang ada kedalam smartphone dengan tujuan mobilitas untuk setiap karyawan. Akses langsung kedalam aplikasi untuk setiap karyawan ditujukan agar proses administrasi yang ada sebelumnya seperti pengajuan cuti, laporan, persetujuan, hingga pengumuman berpindah secara digital dan memberikan kemudahan.

Dengan memanfaatkan HRIS yang memiliki banyak platform untuk digunakan sangat disarankan agar tidak salah dalam pemilihan aplikasi sesuai dengan tujuan awal yaitu mempermudah. DingTalk Lite memiliki platform mobile seperti Android dan iOS dan Desktop, fitur-fitur yang lengkap untuk mendukung perusahaan dalam proses manajemen SDM dan administrasi, menjadi keunggulan dari DingTalk Lite. Keunggulan lainnya dibandingkan dengan aplikasi HRIS lainnya, DingTalk Lite memiliki fitur untuk communication, dan training secara Online dan masih banyak lagi aplikasi pendukung B2B lainnya.