14 November 2020

Memaksimalkan Peran Tim Untuk Perkembangan Perusahaan

Memaksimalkan setiap team yang ada pada perusahaan adalah hal yang penting dan harus diperhatikan perkembangannya, dikarenakan setiap tim memiliki peran berbeda dan tugas-tugas yang didedikasikan untuk menjalankan operasional pada perusahaan.

Secara keseluruhan tim yang ada pada perusahaan dibagi menjadi 2 (dua), tim yang berperan secara front office dan back office. Front office adalah tim yang bergerak menangani operasional perusahaan yang menyangkut hubungan langsung dengan customer sedangkan untuk tim yang bergerak pada back office adalah tim yang mendukung belakang layar dari perusahaan seperti proses akuntansi, finansial, administrasi, teknologi, audit, personalia tanpa interaksi dengan customer.

Dengan memaksimalkan kedua garis besar dari tim yang ada di perusahaan, maka pengelolaan bisnis akan lebih mudah untuk bersinergi. Kerja sama untuk membangun perusahaan kearah lebih baik akan dengan sendirinya berjalan, tanpa harus memaksakan yang akan menjadi masalah bila keraguan menjadi halangan di dalam kerjasama tim. Di dalam sebuah bisnis, kinerja akan sangat menjadikan penentu untuk hasil atau tingkat keberhasilan pada perusahaan, individu maupun tim memiliki kinerja yang bisa dinilai. Tingkat keberhasilan bisa dilihat dari, standar hasil kerja, target, sasaran, atau kriteria yang sudah disepakati bersama dalam perusahaan.

Dengan memaksimalkan team merupakan cara untuk meningkatkan kinerja karyawan supaya bisa menjadi lebih proaktif, disiplin, dan mendukung kepentingan serta strategi untuk bisnis perusahaan. Dan akan meningkatkan hubungan internal yang berkualitas, mampu berkolaborasi antara tim front office dengan back office yang mempunyai tujuan sama dan menghasilkan budaya kepercayaan yang memiliki sikap cerdas dalam menjalankan setiap rencana. Berikut ini adalah beberapa cara untuk memaksimalkan peran masing-masing tim untuk perkembangan perusahaan :

Memanfaatkan Teknologi

Teknologi yang sudah berkembang dan memiliki sistem yang canggih dapat mempermudah pekerjaan. Memanfaatkan teknologi bisa dilakukan perusahaan untuk memaksimalkan peran tim yang ada, perusahaan sudah harus mulai sadar dengan pentingnya teknologi yang mampu menjawab kesulitan pada timnya. Dengan pemanfaatan teknologi dapat mendorong produktivitas tim dan individu yang ada di dalam tim untuk memaksimalkan tugasnya.

Sebelum pemanfaatan teknologi, banyak perusahaan yang membatasi karyawan dalam penggunaan ponsel saat bekerja, dengan tujuan untuk fokus kepada pekerjaan yang ada pada desk nya masing-masing. Namun, saat ini teknologi sudah sangat luas sehingga pembatasan seperti ini sudah tidak bisa dilakukan, karena sudah banyak aplikasi yang mampu mendukung pekerjaan dan sudah terintegrasi dengan proses pekerjaan lain yang bisa dimanfaatkan perusahaan untuk produktivitas bisnisnya.

Membuat Rencana Kerja dengan Tepat

Memperhitungkan dengan matang semuanya berdasarkan data dan fakta di lapangan adalah tugas pimpinan sebelum mereka membuat kebijakan yang berhubungan dengan pekerjaan untuk setiap tim. Dengan menunjukkan sikap yang baik sebagai seorang pimpinan akan membuat produktivitas kinerja tim menjadi lebih maksimal

Perencanaan yang detail dan mengutamakan fungsi tim untuk kelangsungan bisnis perlu diperhatikan, seperti mengenai target kerja, tugas masing-masing anggota tim, laporan hasil kerja, dan lainnya.

Setelah sudah direncanakan dengan tersusun matang, maka masing-masing tim bisa segera mempersiapkan langkah-langkah yang dibutuhkan untuk mencapai hal tersebut. Setiap individu yang ada pada tim akan melaksanakan pekerjaan mereka dengan membuat jadwal kerja yang terperinci untuk dirinya dalam memproses pekerjaan yang meliputi tujuan-tujuan kecil yang harus dicapai dan mereka akan menemukan proses yang tepat serta manajemen waktu untuk menjalankan tugasnya.

Saat semua proses perencanaan kerja sudah dilakukan, maka dibutuhkan evaluasi dalam proses tersebut untuk menilai apakah terdapat kendala atau kesulitan yang bisa di follow-up agar pekerjaan menjadi lebih baik.

Pertukaran Pikiran

Menjaga komunikasi untuk setiap tim adalah hal yang tetap harus dilakukan apapun yang terjadi, dengan menjadwalkan pertemuan antar tim maupun pada internal tim akan menghasilkan pertukaran pikiran, dengan membahas rencana kerja, melakukan evaluasi, dan menghasilkan ide baru untuk kelangsungan pekerjaan maupun menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh masing-masing individu dalam tim tersebut, dan berkomunikasi juga menjadikan tim memiliki kerjasama yang solid.

Dengan bertukar pikiran, masalah yang tidak dapat diselesaikan bisa dipecahkan bersama yang membuat individu dalam tim tidak berhenti pada satu masalah yang menghambat pekerjaannya, dan masalah yang besarpun bila dihadapi bersama akan terasa lebih mampu untuk diselesaikan.

Memikirkan langkah-langkah yang pasti serta tepat untuk mengevaluasi perkembangan tim bisa menjadi salah satu dari banyak hal yang bisa mengembangkan perusahaan, Perusahaan tidak hanya berfokus pada tujuan bisnis tetapi dengan memperhatikan hal kecil untuk tim membuat individu-individu yang ada di dalamnya merasa lebih dihargai. Sehingga tujuan utama dari perusahaan akan dengan bersama mencapainya dalam waktu yang lebih efisien dan dengan hasil yang lebih maksimal.