21 Oktober 2020

Menjawab Tantangan New Normal Untuk Pengelolaan Karyawan Dengan HRIS (Human Resource Information System)

Penyebaran COVID-19 yang tidak dapat diprediksi kapan akan berakhirnya membuat kita menjalani masa kebiasaan baru yang sering disebut sebagai New Normal, dampak yang sangat besar mempengaruhi ekonomi makro maupun mikro. Imbas dari permasalahan ini pun dirasakan oleh banyak perusahaan, sehingga mereka harus memutar otak untuk melewati krisis bagi perusahaannya.

Dengan kondisi seperti ini, HR sebagai penengah dari organisasi perusahaan memiliki peran yang sangat penting untuk menyesuaikan organisasi pada perusahaan mereka agar tetap bisa mempertahankan karyawan pada posisi terbaik dan merasa aman serta nyaman.

Sebagai HR, harus memastikan karyawan tetap bisa produktif dan memberikan hasil yang maksimal bagi perusahaan. Selain itu, HR juga harus memiliki program untuk meningkatkan kompetensi karyawan, dengan memperbanyak jadwal training dan berbagai macam program pengembangan lainnya, dan tidak ketinggalan juga untuk menginformasikan secara detail mengenai kompensasi dan benefit yang didapat karyawan demi menjaga kenyamanan karyawan.

Demi mempermudah tugas HR untuk mengelola karyawan selain mengurus administrasi, Human Resource Information System diciptakan untuk menjawab tantangan dan memberi solusi kepada HR di masa New Normal saat ini, berikut adalah beberapa poin penting keunggulan Human Resource Information System yang dinilai mampu memberi kemudahan :

1. Layanan Mandiri Karyawan Secara Mobile (Mobile employee self-service)

Dengan memberikan karyawan untuk akses langsung dari smartphone atau secara mobile, membuat semua proses seperti absensi, pengajuan klaim, reimbursement, kesehatan, izin kerja, lembur, hingga akses terhadap benefit dapat dilakukan secara self-service untuk mengurangi kontak langsung dengan HR yang mana sudah disulitkan dengan pekerjaan yang lainnya.

2. Memantau Kesehatan Karyawan Melalui Survei pada Aplikasi

Memberikan perhatian khusus kepada para karyawan terutama saat masa pandemi COVID-19 ini sangat penting untuk dilakukan, kesehatan masing-masing karyawan sangat sulit untuk dilakukan pantauan secara langsung, salah satu cara untuk memantau kesehatan karyawan adalah dengan memberikan survei langsung melalui Mobile App. Tanpa risiko kontak langsung, karyawan dapat mengisi survei kesehatan dan memberikan hasil penilaian secara Real-Time.

3. Mengelola Informasi Karyawan Secara Cepat dan Lebih Lancar

Memberikan informasi mengenai pekerjaan maupun update terhadap perusahaan secara cepat dan akurat ke seluruh karyawan dibutuhkan aplikasi yang mendukung langsung. Aplikasi yang dapat terhubung ke Smartphone setiap karyawan sangat berguna untuk karyawan dapat mengetahui informasi yang disampaikan tanpa harus tertunda satu dan lain hal. Sehingga, alur komunikasi akan tetap terjaga bahkan disaat jam kerja yang parsial atau krusial.

4. Produktivitas Karyawan Tetap Terpantau

Selama New Normal, baik bekerja dari rumah maupun di kantor, karyawan akan tetap produktif dan terjaga. Dengan memberi tugas ke pada karyawan yang dapat dipantau dan memberikan hasil dalam bentuk Report yang dapat diakses secara langsung dalam Mobile App.


Melihat kebutuhan dan kelebihan akan Human Resource Information System untuk perusahaan, akan sangat berguna terutama pada peran HR yang dirasa sering kali menemui kesulitan – kesulitan yang berpotensi memperlambat kinerja perusahaan.

Dari sudut pandang karyawan akan sangat berguna bila hal kecil pun diberikan perhatian lebih oleh perusahaan, sehingga mereka akan dengan senang hati bekerja secara efektif dan efisien, mereka akan memberikan performa terbaik demi loyalitas untuk membangun perusahaan.

Di Indonesia sendiri pun, Human Resource Information System memiliki perkembangan yang cukup baik, beberapa penyedia layanan Human Resource Information System sudah dapat bersaing dan mumpuni, fitur-fitur yang disediakan dirasa cukup bervariasi.

DingTalk Lite Indonesia adalah salah satu penyedia Human Resource Information System di Indonesia yang mempunyai fitur serta dukungan teknisi yang tinggi dari grup terbesar di China yaitu Alibaba Group. DingTalk Lite sendiri memiliki fitur-fitur yang mampu menjawab kebutuhan perusahaan berkembang maupun perusahaan yang sudah sangat besar, dengan menggunakan teknologi Alibaba yang menggabungkan sistem Cloud dan Business Intelligence. DingTalk Lite memberikan layanan seperti Attendance, Employee Health Form, Annoucement, Report dan masih banyak lagi yang dinilai mampu membantu HR dalam mempertahankan fleksibilitas organisasi pada perusahaan atau bahkan mengembangkan organisasi perusahaan secara lebih optimal.

Tags : Attendance, Form, Announcement, HRIS, DingTalk Lite Indonesia, New Normal, HR, Sistem Digital, Mobile Apps, Cloud, Alibaba Group, COVID 19