25 Oktober 2020

Penggunaan HRIS (Human Resource Information System) Yang Dapat Membantu Mengembangkan Perusahaan

Pemanfaatan Sistem Informasi Sumber Daya Manusia atau Human Resource Information System (HRIS) dinilai mampu meningkatkan kinerja dan daya saing perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan mempermudah proses kebutuhan untuk menambah informasi secara cepat dan tepat.

Pada setiap perusahaan umumnya selalu membutuhkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang baik agar bisnis dapat berkembang. SDM ini bisa dibilang sebagai aset yang penting bagi perusahaan. Pengelolaan SDM yang tepat menjadi hal penting yang harus diperhatikan oleh perusahaan.

Di dalam mengelola SDM, tim HR diharuskan mengelola berbagai data penting dari setiap karyawan. Data-data tersebut dijadikan dasar pertimbangan untuk mengevaluasi SDM yang ada untuk menentukan langkah-langkah yang tepat untuk mengelola Sumber Daya Manusia.

Dengan memberikan training karyawan, pemahaman untuk benefit, serta memberi strategi untuk menganalisis perkembangan SDM, sehingga diperlukan aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia atau Human Resource Information System (HRIS) yang mampu memudahkan pekerjaan HR untuk meningkatkan kinerja dalam menyiapkan data karyawan dan mengaksesnya secara mudah kapanpun dibutuhkan.

Berikut ini adalah beberapa manfaat aplikasi Sistem Informasi Sumber Daya Manusia atau Human Resource Information System (HRIS) yang dinilai dapat mengembangkan perusahaan.

• Meringkas proses Administratif

Dengan mensosialisasikan kebijakan cuti perusahaan kepada seluruh karyawan yang baru maupun yang sudah lama bisa dijadikan langkah pertama yang sangat baik untuk dilakukan HR, karena bila karyawan tidak memiliki informasi yang jelas mengenai hak cuti yang didapatkannya, dikhawatirkan akan menimbulkan potensi terjadinya permasalahan karena kesalahpahaman.

Dengan adanya aplikasi HRIS dapat berkontribusi untuk mengurangi penggunaan kertas yang sering kali terbuang dengan sia-sia, membuat semua proses administrasi karyawan menjadi Online-base¬ akan mempersingkat waktu bagi karyawan agar dapat mengerjakan hal lain yang dinilai mampu memberi efisiensi untuk perusahaan.

• Memonitor kinerja karyawan secara mudah

Sistem Informasi Sumber Daya Manusia atau Human Resource Information System (HRIS) mampu memberikan kemudahan untuk memonitor kinerja karyawan, dengan proses secara Online HRIS dapat menghasilkan laporan untuk menunjukkan hasil dari pekerjaan setiap karyawan, yang dapat dijadikan bahan untuk evaluasi demi perkembangan SDM itu sendiri

• Meningkatkan Pelayanan Untuk Karyawan

HRIS dapat dipakai untuk memudahkan karyawan mendapatkan layanan seputar HR seperti keterangan aktif bekerja, jadwal, informasi mengenai perusahaan, klaim reimbursement, dll. Dengan proses yang telah dipermudah HR akan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik untuk karyawan dengan tujuan yang dapat membuat perusahaan berkembang pesat

• Alat Yang Dapat Diandalkan Untuk Segi Keamanan Data

Data karyawan bagi perusahaan ada informasi yang sangat penting yang harus dijaga dengan baik, data yang bersifat personal dan sensitif, HRIS dengan penyimpanan yang telah di enkripsi dapat dijadikan alat untuk penyimpanan demi keamanan data orang-orang kepercayaan Anda.


Memanfaatkan HRIS yang bisa memberi dampak positif untuk perkembangan perusahaan akan menghemat pengeluaran, serta memberi kepercayaan kepada karyawan dan memfasilitasinya juga akan membuat integrasi yang baik untuk masa yang akan datang.

Perkembangan dan persaingan dunia bisnis yang pesat serta diimbangi dengan pertumbuhan ekonomi yang sedang kurang baik dimasa pandemi ini membuat banyak perusahaan terus berlomba mempertahankan bisnis dan meningkatkan performa perusahaan.

HRIS yang mempunyai manfaat bagi perusahaan seperti DingTalk Lite Indonesia hadir untuk memberi solusi digitalisasi berbagai perusahaan untuk mengembangkan bisnisnya, DingTalk Lite dengan dukungan penuh dari para ahli di bidangnya, menyediakan fitur-fitur dengan kualifikasi tinggi seperti pemanfaatan Video Meeting, Form, Approval, Attandance, Check-In, Report, dan Feedback secara Online dengan mempertimbangkan dampak yang baik bagi perusahaan.

Tags: Administratif, HRIS, Form, Approval, Attendance, Check-In, Report, Online base, DingTalk Lite Indonesia, SDM