03 November 2020

Peran HRIS Untuk Mengurangi Penyebaran Virus COVID-19

Pandemi yang disebabkan oleh virus Corona atau COVID-19 yang ada saat ini, dan penyebarannya di Indonesia yang terus meningkat, harus dilakukan penanganan yang sangat serius. Bukan hanya pemerintah saja, namun semua lapisan stakeholder juga harus mengambil peran untuk menurunkan tingkat penyebaran virus ini.

Bisnis dan pertumbuhan ekonomi yang terus mengalami dampak buruk tidak dapat diatasi selama tidak dilakukan tindakan yang benar, perusahaan-perusahaan di Indonesia harus bersatu menggerakkan pertumbuhan ekonomi agar tidak terhenti. Disisi lain perusahaan tidak bisa mengambil resiko yang dapat mempengaruhi aset perusahaannya, seperti aset Sumber Daya Manusia yang mana sangat berperan dalam penggerakan bisnis perusahaan. Melakukan pekerjaan kantor seperti biasanya dikhawatirkan menjadi cluster baru untuk penyebaran virus covid-19, penyebaran melalui mesin absensi seperti fingerprint pun patut diwaspadai.

Untuk menghadapi itu semua, melakukan absensi secara Online dapat membantu mengurangi penyebaran virus Corona ini. Bagian dari Sistem Informasi Sumber Daya Manusia atau Human Resource Information System (HRIS) yang keseluruhan bergerak secara online dengan sistem cloud dapat diandalkan untuk mengatasinya. Fungsinya pun tidak monoton dan dapat dilakukan penyesuaian mengikuti standar perusahaan yang tidak bertentangan dengan protokol kesehatan yang ada di Indonesia.

Tidak seperti mesin absensi fingerprint pada umumnya yang merekam biometrik sidik jari pengguna atau karyawan berdasarkan data yang dihimpun, HRIS menyediakan fitur yang bisa melakukan absensi dari jauh secara Real TimeĀ¬, dengan menggunakan teknologi yang sudah dirancang khusus memikirkan kebutuhan pengguna, HRIS bisa dioperasikan melalui aplikasi Mobile yang secara langsung bisa digunakan oleh masing-masing user tanpa bersentuhan satu sama lain.

Mengapa Kita Harus Meninggalkan Mesin Absensi Fingerprint Demi Menekan Penyebaran Virus Covid19?

Alasan utama mengapa mesin fingerprint dapat menyebarkan virus Corona, karena sistem penggunaannya yang berulang kali oleh banyaknya karyawan yang tidak bisa dipastikan kebersihan dan kesehatannya secara akurat yang bisa menyebarkan virus Corona tanpa disadari.

Banyak dilansir oleh media masa di luar maupun dalam negeri, banyak perusahaan yang sudah meninggalkan mesin absensi fingerprint untuk memutus rantai penyebaran virus Corona ini. Karyawan yang melakukan absensi tanpa membersihkan tangannya sangat susah untuk dilakukan pengawasan, sehingga keputusan untuk meninggalkan mesin absensi fingerprint sangat tepat untuk dilakukan.

Aplikasi HRIS Adalah Solusi!

Pemerintah Indonesia dan World Health Organization (WHO) pun telah menyarankan kepada semua lapisan yang dapat menggerakkan ekonomi untuk berfokus kepada kesehatan. Perusahaan-perusahaan yang ada di Indonesia juga di tekankan untuk memikirkan keselamatan karyawan yang dimulai dari akses keluar masuk seperti mesin absensi.

Perusahaan diminta untuk meminimalisir penyebaran di kantor mereka agar tidak terlahir cluster kantor, dengan mempertimbangkan segala macam yang dapat di convert ke sistem secara digital. Selain memikirkan faktor kesehatan, sistem digital seperti HRIS dapat mempermudah pekerjaan dan membuat perusahaan lebih berkembang.

Seperti yang sudah kita ketahui bersama, pertumbuhan sistem digital tidak dapat dihindari. Selain memberi keuntungan pada perusahaan, peran HRIS untuk mengurangi penyebaran virus Covid-19 ini juga berguna untuk pengaturan shift karyawan, meringkas proses yang ada menjadi digital, mengurangi pertemuan antar karyawan.

Dengan menggunakan aplikasi HRIS seperti DingTalk Lite yang memiliki fitur lengkap, perusahaan dapat ikut berkontribusi membantu peran pemerintah untuk menekan penyebaran virus Covid-19 agar pertubuhan ekonomi bangsa ini dapat membaik dan terus beranjak naik. Fitur-fitur pada DingTalk Lite juga dapat mengurangi biaya operasional perusahaan, mempersingkat waktu dan tenaga yang bisa memberikan karyawan waktu untuk beristirahat lebih dan menjaga kesehatannya.