10 November 2020

4 Perkembangan Teknologi HR Masa Kini

Perkembangan dunia Human Resource (HR) setiap tahun kian meningkat. Daya saing setiap perusahaan tidak bisa dihindarkan dan penggunaan teknologi HR pun banyak dicari, dengan tujuan mendapatkan karyawan yang memiliki potensi untuk mengembangkan bisnis usaha.

Teknologi yang telah menjadi tren pasti mengalami peningkatan setiap tahunnya, begitu pun dengan penggunaan teknologi HR untuk perusahaan, dari yang hanya menggunakan teknologi untuk pencatatan manual hingga memanfaatkan seluruh pekerjaan HR menjadi bentuk digital.

Tren mengenai pengelolaan SDM mengalami perkembangan-perkembangan dari segi pemanfaatan dan fitur-fitur yang tersedia, berikut adalah beberapa fitur yang menjadikan teknologi HR membantu dalam pekerjaan dan meningkatkan kinerja perusahaan.

1. Penerimaan Karyawan Tanpa Bertemu

Memilih calon karyawan sebagai tugas utama Human Resource harus dengan tepat, melakukan tes dan memberikan penilaian serta melakukan wawancara secara langsung untuk mendapati hasil yang bisa ditetapkan sebagai dasar penerimaan harus tetap dilakukan. Namun hal ini terlalu beresiko dimasa pandemi virus Covid-19, terlebih keterbatasan untuk pertemuan menjadikan banyak potensi calon karyawan tidak terlihat sedangkan perusahaan harus mencari calon karyawan (talent) yang bisa berkontribusi mengembangkan perusahaan.

Teknologi dapat dimanfaatkan untuk melakukan penerimaan karyawan secara online tanpa bertemu langsung, untuk mendukung pemerintah dalam percepatan penanganan COVID-19 dan menemukan talent yang cocok untuk perusahaan.

2. Kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI)

AI atau Artificial Intelligence adalah kecerdasan buatan yang didesain pemanfaatannya untuk mempermudah dan mengurangi pekerjaan manusia, banyak perusahaan yang sudah menimbang untuk memulai menggunakan AI walaupun sudah diprediksi menjadi teknologi super canggih dimasa depan.

Peran AI didunia HR merupakan satu entitas yang dapat melakukan hal baru diluar apa yang sudah diatur didalamnya dan penggunaan AI pada HR dimanfaatkan untuk melakukan screening data untuk calon karyawan maupun karyawan yang sudah ada.

3. Pembelajaran dan Pengembangan Karyawan Secara Digital

Kebutuhan untuk pembelajaran dan pengembangan karyawan tidak dapat ditunda melihat perkembangan kasus virus Covid19 di Indonesia yang tidak bisa diprediksi, dengan membangun pembelajaran dan pengembangan secara digital bisa dilakukan kapan pun dengan jadwal yang di sepakati oleh bersama, sehingga untuk pertumbuhan Sumber Daya Manusia dapat tetap berjalan demi menghasilkan tujuan yang baik.

4. Komunikasi Untuk Kolaborasi

Mengedepankan komunikasi harus tetap dilakukan walaupun dengan adanya teknologi yang mendukung, dengan mempertahankan komunikasi tujuan bersama menjadi mudah dicapai. Dengan teknologi bisa memaksimalkan komunikasi untuk berkolaborasi antar karyawan didalam perusahaan, mencari wadah yang tepat dalam berkomunikasi bisa menghubungkan semua personil yang dibutuhkan perusahaan dalam mengembangkan usahanya. Wadah atau platform berkomunikasi di masa kini memberi kemudahan untuk perusahaan melakukan kolaborasi secara internal maupun mengembangkan hubungan baik dengan client untuk kelangsungan bisnis.

Kini pemanfaatan teknologi untuk mengembangkan perusahaan dimulai dari prosesi rekrutmen, training, administrasi, serta komunikasi bisa dilakukan secara online. Pemanfaatan teknologi untuk HR sudah sepatutnya digunakan oleh perusahaan, bukan untuk menggantikan peran HR tapi untuk memperluas dan mengoptimalkan kinerja dari divisi HR tersebut yang berdampak langsung kepada karyawan perusahaan.

Aplikasi kolaborasi secara online seperti DingTalk Lite memiliki fitur pendukung kinerja HR yang setiap saatnya selalu dilakukan pengembangan mengikuti tren teknologi HR maupun memberikan inovasi terkini yang bisa dijadikan contoh didunia digital. DingTalk Lite mempunyai tujuan untuk menghadirkan kemudahan terutama dibidang pekerjaan HR dan tidak hanya disitu saja DingTalk Lite bisa memaksimalkan perusahaan Anda untuk bersaing di era digitalisasi seperti saat ini.