23 Oktober 2020

Manajemen Cuti Karyawan Berantakan? Inilah Solusinya!

Hak karyawan dalam bekerja selain mendapatkan benefit yang telah disetujui kedua belah pihak adalah mendapatkan cuti. Terdapat berbagai jenis cuti yang dapat diajukan karyawan di Indonesia. Perusahaan memiliki kebijakan pemberlakuan aturan cuti yang berbeda-beda dari perusahaan lainnya. Namun kebijakan tersebut harus sesuai dengan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, yang salah satu pasalnya mengatur persoalan tentang cuti.

Perjanjian mengenai cuti karyawan tertera pada surat perjanjian kerja atau kontrak yang sebelum bergabung dalam perusahaan karyawan harus menandatangani dan menyetujui sebagai bentuk kesepakatan antara karyawan dan perusahaan. Karyawan dan Perusahaan harus sama-sama menyetujui kebijakan cuti. Biasanya perusahaan memberikan penjelasan mengenai ketentuan yang berlaku pada perusahaan tersebut, sehingga di kemudian hari tidak ada kesalahpahaman mengenai hak cuti yang dikarenakan ketidakjelasan kontrak.

Bagaimana Cara Manajemen Cuti Sesuai Ketentuan Agar Adil Untuk Setiap Karyawan?

Kehidupan pekerjaan dan kehidupan pribadi yang seimbang akan menjadi hal yang menyenangkan bagi karyawan. Membagi pekerjaan sesuai porsi dinilai mampu membuat karyawan untuk dapat memberikan performa yang baik, dan kegiatan sosial diluar pekerjaan dapat menjadi penolong untuk melepaskan penat selama sekian hari menjalani pekerjaan yang diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidupnya.

Untuk mengimbangi pekerjaan dan kehidupan di luar pekerjaan, banyak karyawan yang memiliki bakat serta potensi yang tinggi mencari perusahaan yang dapat memberikan hak cuti tahunan yang jelas dan adil.

• Mensosialisasikan Kebijakan Cuti di Awal dan Kesemua Karyawan

Dengan mensosialisasikan kebijakan cuti perusahaan kepada seluruh karyawan yang baru maupun yang sudah lama bisa dijadikan langkah pertama yang sangat baik untuk dilakukan HR, karena bila karyawan tidak memiliki informasi yang jelas mengenai hak cuti yang didapatkannya, dikhawatirkan akan menimbulkan potensi terjadinya permasalahan karena kesalahpahaman.

• Memberikan Tunjangan atau “Hadiah” Untuk Karyawan

Di waktu tertentu seperti sedang libur panjang atau momen yang membuat karyawan ingin memperpanjang waktu liburnya dengan mengajukan jatah cuti. Membuat kesulitan untuk HR mengatur jadwal pekerjaan karyawan yang mana dibutuhkan pula untuk kepentingan bisnis. Dengan memberikan tunjangan atau imbalan pengganti kepada karyawan yang bersedia tetap bekerja dan tidak mengambil cuti pada waktu tersebut bisa menjadi solusinya.

• Menginformasikan Batas Waktu Untuk Pengajuan Cuti

Langkah selanjutnya mengenai informasi cuti tahunan adalah dengan memberikan batas waktu yang sudah ditetapkan perusahaan, hal ini bertujuan untuk menghindari karyawan pada posisi yang sama mengajukan cuti pada waktu bersamaan, dan untuk menghindari kekosongan jadwal pada hari kerja.


Perlu diinformasikan kepada karyawan, apabila ada kemungkinan permintaan cuti yang tidak dapat disetujui dengan alasan kebutuhan pekerjaan. Karena itu sangat penting untuk adanya informasi yang merata kepada seluruh karyawan agar rasa keadilan tetap terjaga.

Untuk bisa mengatur pola pengajuan cuti karyawan dan membuat jadwal pada waktu cuti, HR membutuhkan informasi yang cukup dan tepat. Dengan menggunakan sistem Digital seperti HRIS dalam memberikan informasi kepada karyawan bisa mempermudah HR menemukan pola pengajuan cuti dan mengurangi adanya hal yang bisa menghambat jalannya pekerjaan.

Dengan menggunakan aplikasi HRIS yang memiliki fitur otomatis dengan data karyawan seperti pada DingTalk Lite akan menjadi solusi manajemen cuti yang dirasa berantakan. DingTalk Lite Indonesia sendiri berperan sebagai aplikasi HRIS secara mobile maupun desktop, dengan fitur unggulan seperti Approval, Leave yang berisi form pengajuan: Izin tidak masuk kerja, Sakit, Pernikahan, Cuti Hamil, Training, bahkan Cuti Tahunan dapat digunakan secara langsung oleh karyawan dan mempermudah HR untuk melakukan Screening Data karyawan perusahaan, yang mana dengan fitur kalkulasi secara otomatis dapat dijadikan alat yang bisa diandalkan.

Tags : HRIS, Human Resource Information System, DingTalk Lite Indonesia, Cuti Tahunan, Manajemen Cuti, Aprroval Leave form, Sistem Digital, HR, Mobile Apps, Dekstop