13 November 2020

Tips dan Trick membuat Linkedin Profile

Saat ini melamar kerja tidak hanya mengandalkan job portal saja. Tetapi ada satu situs yang dinamakan LinkedIn. Di dalam aplikasi LinkedIn banyak sekali para profesional pada bidang tertentu, termasuk juga ada team recruitment yang sedang mencari kandidat terbaik.

Untuk para jobseeker yang sedang mencari pekerjaan tentu aplikasi ini sangat membantu untuk mencari peluang kerja karena apabila kita sudah terkoneksi dengan Recruiter, semakin luas jaringan kita akan semakin luas koneksinya.

Tapi, bagaimana caranya ya agar Profile LinkedIn kita di lirik oleh para recruiter?

1. Gunakanlah Foto Profile yang Profesional

Di LinkedIn adalah situs untuk para professional, tentunya apabila kita ingin di lirik oleh recruiter foto profile kita harus terlihat professional. Untuk kalian jobseeker yang mencari kerja di LinkedIn juga ada template “open to work” yang sudah banyak di pakai oleh pencari kerja. Fungsinya adalah agar recruiter tahu bahwa kita sedang mencari peluang kerja baru

2. Pilihlah Headline Profile yang sesuai

Selanjutnya adalah headline/judul profile, untuk teman teman yang memang sedang mencari peluang kerja bisa di tuliskan sesuai dengan jabatan kalian dan tidak perlu panjang panjang. Misalnya “ HRD officer/ HR Recruitment/ Admin HRD” ini akan membantu para recruiter dengan mudah melihat bahwa kalian adalah specialis di bidang tersebut. Dan akan menarik recruiter yang sedang mencari candidate di bidang tertentu akan langsung menuju profile kalian.

3. Isi Bagian Summary

Jangan lupa untuk menulis dengan ringkas dan lengkap pengalaman kerja kalian, jabatan terakhir serta jobdesc kalian ya! boleh juga di isi kalian lulusan dari universitas mana? IPK dan jangan lupa untuk cantumkan CV.

4. Rekomendasi Keahlian

Nah di skill ini kalian bisa minta rekan kerja atau klien kalian untuk membantu validasi kemampuan kamu. Biasanya orang akan balik kasih rekomendasi apabila kita juga balik memberikan rekomendasi. Jadi jangan sungkan untuk meminta rekomendasi keahlian kamu.

5. Update Status

Di LinkedIn semua aktifitas kamu akan terlihat. Pastikan tidak pernah update status atau bahkan komen di status orang lain dengan membawa “sara, mengajak orang berkenalan ataupun berkata kasar” karena recruiter akan langsung mencoret nama kamu dari daftar list nya. Karena ini situs professional maka gunakanlah profile kamu dengan bijak dan secara professional.

6. Masuk kedalam Group

Agar koneksimu di Linkedin semakin banyak maka masuklah ke beberapa group yang kamu minati. Ada banyak sekali group yang bisa kalian pilih. Apabila jaringan koneksi kalian banyak akan semakin banyak juga potensi kamu di lirik oleh recruiter.

7. Kesalahan Menulis

Untuk yang terakhir adalah koreksi semua penulisan kamu. Usahakan jangan sampai ada yang salah ketik atau typo. Agar profile LinkedIn kamu terlihat profesional.

Kebanyakan jobseeker tidak tahu bahwa di LinkedIn kita harus membuat profile begitu menarik dan profesional, bagaimana mau di lirik oleh recruiter kalau profile kalian saja tidak bagus. Padahal Sangat mudah bukan untuk membuat profile LinkedIn kamu agar dapat di lirik oleh recruiter. Sekarang saatnya untuk merubah profile LinkedIn kamu agar menjadi terlihat menarik dan profesional.