07 November 2020

4 Tips Mengelola Absensi Dengan Mudah Selama WFH

Work From Home atau sering didengar sebagai WFH adalah tren baru untuk cara bekerja di masa pandemi virus corona atau COVID-19, para perusahaan diharuskan untuk membuat aturan yang tepat dan pasti untuk mempekerjakan karyawan demi kelangsungan bisnis. Perusahaan harus mempersiapkan dengan matang apa saja yang dapat mendukung kinerja karyawan mereka, sehingga tidak menimbulkan keraguan akan proses bekerja yang akan dihadapi.

Memanfaatkan teknologi adalah salah satu cara yang bisa diadaptasi untuk menjembatani perusahaan dengan karyawan selama Work From Home, dengan memanfaatkan teknologi untuk mengelola absensi bisa dipercaya dapat mempermudah perusahaan terutama tim HR (Human Resource) mengumpulkan data dan membuat report untuk semua karyawan.

Lalu, bagaimana cara memanfaatkan teknologi untuk mengelola absensi dengan benar selama kebijakan akan Work From Home ini diterapkan?

1. Mencari Aplikasi Pengelola Absensi Terbaik

Kesalahan dalam menentukan aplikasi yang akan digunakan untuk menunjang pekerjaan selama Work From Home akan berdampak kepada pengeluaran perusahaan, pemanfaatan teknologi, kebingungan karyawan yang tidak akan menghasilkan kinerja optimal.

Dengan memilih aplikasi pengelola absensi yang bisa diandalkan secara Real Time dengan fungsi GPS (Global Positioning System) yang akurat serta mempunyai aplikasi atau fitur lain yang mendukung Report, analisa, pengajuan, dokumen online, serta pengumuman yang bisa diterima langsung oleh karyawan dapat pilih untuk memaksimalkan proses bekerja.

2. Membuat Jadwal Kerja Yang Tepat

Dengan membuat jadwal kerja yang terstruktur dan fleksibel untuk karyawan selama bekerja dari rumah, dapat mempermudah pekerjaan tim HR (Human Resource) untuk mengelola absensi, dikarenakan setiap karyawan akan merasa terbantu dengan jam kerja yang menurut mereka tidak membebani saat bekerja dari rumah tetapi tetap memiliki komitmen dan tanggung jawab akan pekerjaannya.

3. Memastikan Karyawan Melakukan Absensi

Setelah membuat jadwal kerja yang tepat, kesulitan yang akan dihadapi tim HR (Human Resource) adalah memastikan untuk semua karyawan melakukan absensi. Memang rasa percaya adalah hal yang harus ditekankan dalam Work From Home, namun tidak sedikit karyawan melakukan kesalahan yang disengaja maupun tidak disengaja. Alasan lupa atau kendala teknis bisa menjadi penyebabnya, maka dengan itu tim HR harus memanfaatkan teknologi yang memiliki pengingat untuk melakukan absensi dan memberikan denda/hukuman kepada karyawan yang tidak dapat patuh akan hal ini, dengan memberi pengumuman dengan teknologi secara langsung, dapat meminimalisir karyawan yang tidak menerima pengumuman tersebut.

4. Membuat Laporan Absensi Karyawan

Setelah membuat rangkaian terbaik untuk mengelola absensi selama karyawan bekerja dari rumah adalah dengan membuat laporan atau report dari seluruh karyawan perusahaan. Dengan membuat report kita dapat melihat kinerja patuh karyawan akan kebijakan yang diterpakan oleh perusahaan, lalu membuat evaluasi untuk selanjutnya dilakukan tindakan lanjutan untuk memperbaiki kinerja karyawan. Report harus disimpan dalam jangka waktu yang panjang untuk kelangsungan perusahaan dimasa yang akan datang, dengan menggunakan Report secara online dapat dimanfaatkan untuk menghemat tempat penyimpanan dan memberikan usia penyimpanan lebih lama.

Proses pengelolaan absensi selama Work From Home dengan bantuan teknologi akan menjadi jawaban yang banyak ditemukan, penyedia layanan HRIS (Human Resource Information System) seperti DingTalk Lite mampu memberikan peran aktif untuk kebutuhan tim HR dalam mengelola absensi.

DingTalk lite yang memiliki fitur kolaborasi secara online, memberi keyakinan untuk perusahaan dengan kinerja dan teknologi tinggi yang diadaptasinya. Mengubah cara kerja lama menjadi digital dengan fitur lengkap yang menjawab cara mengelola absensi dengan mudah selama Work From Home.