02 December 2020

5 Cara Membangun Customer Experience Untuk Bisnis Usaha

Pengalaman merupakan hal terpenting yang bisa dijadikan ilmu untuk dipelajari, berangkat dari pengalaman yang dimiliki membuat kita memiliki kesiapan untuk mengerjakan sesuatu diwaktu yang akan datang. Tidak terkecuali di dunia bisnis, customer experience adalah hal yang bisa dipelajari untuk menentukan kesuksesan dari penjualan suatu produk atau jasa. Dengan memikirkan hal ini para pelaku usaha menggunakan pengalaman pelanggan sebagai bahan untuk melakukan riset dari pemasaran produk atau jasa mereka.

Customer Experience berarti suatu proses, strategi dan implementasi dari suatu perusahaan memanajemen customer atau pelanggan untuk pengalamannya dalam menggunakan produk atau jasa yang dijualnya. Terlebih, customer experience bisa dijadikan pelaku usaha untuk membuat pelanggannya lebih puas memakai produk atau jasa yang dijual dilihat dari pengalaman pelanggan tersebut.

Dengan membangun customer experience memudahkan dalam peran strategi pemasaran untuk perusahaan karena dapat memberikan nilai unik untuk pelanggannya sehingga menimbulkan rasa kepuasan. Dari pengalaman rasa puas pelanggan terhadap barang atau jasa yang dijual membuat pelanggan dengan senang hati kembali melakukan pembelian atau bahkan merekomendasikan ke saudara,teman, dan calon pelanggan lain tanpa biaya atau paksaan apapun, melihat hal ini akan memberikan keuntungan bagi perusahaan dari sisi pemasaran dan penjualan yang akan terus meningkat. Customer experience juga memiliki peran untuk perusahaan memberikan informasi mengenai produk atau jasa yang dijualnya ke para pelanggan.

Ada beberapa cara untuk pelaku usaha membangun customer experience yang bisa dirasakan manfaatnya untuk bisnis usaha yang dijalankan, berikut adalah beberapa contoh dari cara membangun custome experience tersebut :

1. Pemilihan Experience Yang Ingin Dikembangkan

Langkah yang bisa dipilih untuk memulai adalah dengan menentukan experience apa yang ingin dikembangkan. Melihat experience yang tepat dengan produk atau jasa yang dijual sangat penting untuk dilakukan, karena jauh dari itu pengalaman setiap customer pasti berbeda tapi tetap berharap hal yang sama saat menggunakan suatu produk atau jasa.

Customer experience bisa diambil contoh dari kehidupan sehari-hari seperti pada saat pelanggan membeli produk makanan, yang hanya dijual pada perusahaan atau toko tertentu yang memiliki produk istimewa, setelah customer merasa puas, mereka dengan sendirinya akan merekomendasikan kepada calon customer lain atau bahkan tetap dibeli walau perusahaan atau toko tersebut jauh dari tempat tinggalnya.

2. Memberikan Tampilan Mengesankan pada Experience yang dibuat

Setiap produk atau jasa yang dipasarkan memerlukan media visual untuk menciptakan pengalaman yang ingin dibangun, seperti pada produk atau jasa yang bisa mewakilkan pengguna hanya dari melihat media promosinya saja akan menciptakan pengalaman seolah pengguna telah menggunakan produk atau jasa tersebut. Jauh lebih spesifikasi lagi tentang tampilan yang mengesankan, membuat calon pengguna merasa terpuaskan sebelum menggunakan produk atau jasa yang dipasarkan akan menjadi nilai lebih ketika produk atau jasa yang dibelinya dapat benar-benar memenuhi ekspektasi.

3. Meningkatkan Pelayanan Lebih Baik

Membangun promosi secara personal dan lebih private bisa membuat customer merasa dimanjakan oleh produk atau jasa yang akan dijual, dan dengan meningkatkan pelayanan menjadi lebih baik untuk pelanggan sampai mereka merasa sangat puas dalam produk atau jasa yang akan dibuat penting untuk tetap dilakukan agar tidak kehilangan rasa percaya dari customer untuk pengalaman pada produk atau jasa yang digunakannya.

4. Komunikasi dengan Customer

Menjaga komunikasi juga bagian dari cara membangun customer experience untuk produk atau jasa yang dijual, efektifitas terhadap komunikasi dengan para customer bisa memanfaatkan beberapa media mulai dari media sosial, email, maupun dengan melakukan pertemuan langsung. Mempererat hubungan dan interaksi dengan pelanggan bisa memberikan pengalaman menyenangkan untuk mereka, dengan tujuan agar tidak terputusnya rasa loyalitas untuk menggunakan produk atau jasa yang kita jual.

5. Evaluasi Semua Proses

Langkah terakhir untuk menentukan keberhasilan dari membangun costumer experience dengan melakukan evaluasi secara menyeluruh, mengetahui apakah nilai dari customer experience yang dibangun menghasilkan target sesuai yang diharapkan atau tidak. Sehingga bisa dilakukan perbaikan dengan mencari inovasi yang lebih baik lagi untuk membangun pengalaman yang baik untuk customer dalam menggunakan produk atau jasa yang kita pasarkan.

Harapan-harapan untuk mencapai kesuksesan harus diimbangi dengan proses yang nyata, semua langkah yang bisa membangun kepercayaan dan pengalaman yang baik untuk customer juga bagian dari proses menuju kesuksesan target untuk bisnis usaha, menciptakan peluang baik sebanyak mungkin dan terus berusaha diyakini akan mebuahkan hasil yang indah, karena hasil yang baik tidak akan pernah mengkhianati proses yang memang dilakukan dengan usaha keras dan nyata.