29 November 2020

Fungsi dan Tugas Marketing Pada Perusahaan Yang Penting Untuk Dipahami

Agar produk atau jasa bisa dikenal oleh calon customer maka dibutuhkannya marketing dalam sebuah bisnis usaha. Marketing dapat memasarakan atau mengenalkan produk kepada calon customer dengan berbagai cara, tujuannya mencari banyak peminat dan menyebarluaskan informasi mengenai produk atau jasa yang ingin dijualnya.

Disamping melakukan perluasan informasi serta melakukan riset untuk pemasarannya, marketing memiliki fungsi dan tugas lain mengenai strategi dan cara memberikan keupasan kepada konsumen. Dengan memperhatikan hubungan dengan pelanggan, akan mempertahankan loyalitas pelanggan terhadap produk atau jasa yang dijual. Memahami konsep dasar mengenai fungsi dan tugas umum marketing tidak tertutup untuk siapapun mempelajarinya, karena hal dasar dari marketing dapat bermanfaat untuk menjadi ilmu yang bisa digunakan pada kondisi apapun yang memerlukan ilmu-ilmu marketing. Berikut ini ada beberapa pembasahan mengenai fungsi dan tugas marketing dalam sebuah perusahaan atau bisnis usaha :

Fungsi Marketing

1. Penukaran Barang Atau Jasa

Melakukan pertukaran dengan konsumen adalah fungsi utama seorang marketing, dengan menghasilkan pertukaran sebanyak mungkin sesuai dengan target dari produk atau jasa mereka dengan uang yang dimiliki oleh customer. Pertukaran yang dimaksud adalah memenuhi target atas produk atau jasa yang mereka jual dan menghasilkan benefit untuk perusahaan.

2. Penghubung Utama

Marketing yang mempunyai akses langsung dengan costumer menjadi fungsi utama untuk penghubung dari produk atau jasa dengan para konsumen. Melihat aktivitas kebutuhan dari para konsumen bisa dijadikan tim marketing untuk mengenalkan produk atau jasa yang ingin dijual.

3. Penyebaran Fisik

Fungsi penyebaran untuk menyimpan atau bahkan membawa produk yang dihasilkan produsen tidak bisa berjalan dengan sendirinya, dibutuhkan proses distribusi yang baik. Sebagai marketing harus bisa memastikan fungsi dari penyebaran fisik terhadap produk atau jasa yang dijualnya tetap berjalan dengan lancar untuk memenuhi kebutuhan para konsumen, baik itu penyebaran melalui darat, air, maupun udara. Dan tidak lupa untuk memastikan penyimpanan produk dan stok tetap pada kualitas yang standar dimiliki oleh perusahaanya.

Tugas Marketing

Ada tugas marketing yang saling berhubungan dengan fungsi marketing yaitu :

1. Mempromosikan

Seperti yang sudah banyak diketahui, fungsi utama dari marketing ialah mempromosikan atau mengenalkan setiap produk atau jasa pada bisnis yang sudah dihasilkan untuk selanjutnya disebarluaskan kepada masyarakat. Tujuan menyebarluaskan demi mencari peminat untuk bisnis yang dijalankan menjadikan marketing mempunya tugas yang penting. Berikut adalah contoh dari cara seorang marketing mencari peminat untuk bisnis usah yang dijalankannya: merencanakan kegiatan promosi, jenis promosi yang digunakan, pemanfaatan media cetak brosur, banner, atau lain sebagainya.

2. Marketing Mencakup Sales

Secara kasar perbedaan antara marketing dan sales memang tidak terlihat, karena tugas marketing memang biasanya untuk menghasilkan pemasukan atas promosi dari produk atau jasa yang akan dijual oleh pelaku usaha.

3. Riset dan Pengembangan

Dengan memperluas dan menyebarkan informasi mengenai promosi produk atau jasa membuat marketing harus melakukan riset dan pengembangan, tujuannya untuk mengelola berbagai macam informasi yang diterima dan diterapkan untuk menajemen penyebaran promosinya. Mencari apa saja yang bermanfaat dan mendukung dalam meningkatkan kualitas maupun penjualan yang suda dihasilkan untuk evaluasi pengembangan.

4. Dasar Marketing Komunikasi

Menjalin hubungan ataupun komunikasi yang baik antaran pelaku usaha dan costumer merupakan peran marketing sebagai dasar marketing komunikasi. Marketing secara luas harus mempertahankan komunikasi demi membangun bisnis yang ideal sesuai dengan tujuan dari pelaku usaha untuk menjual produk atau jasa dan mencapai target yang telah ditetapkanya.

Terdapat perbedaan-perbedaan dalam marketing menjalankan fungsi dan tugasnya tergantung dengan pribadi atau konsep bisnis yang dijalankan, sangat luas untuk pengertian dari marketing itu sendiri. Namun, tujuan dari semua marketing yang sama memasarkan dan mencari peminat lebih atas produk atau jasa yang dipasarkannya menjadi penggerak untuk perekonomian bisnis dan usaha.