31 Oktober 2020

Revolusi Manajemen Perusahaan Menjawab Tren Digitalisasi

Data atau informasi yang sering kali tertumpuk yang disimpan dan menjadi arsip perusahaan akan kembali dicari saat dibutuhkan. Penyimpanan yang tidak tepat akan memberikan masalah dan memperhambat pekerjaan, pada awalnya himpunan data tersebut terdengar biasa saja, namun di era digital data akan menjadi aset yang sangat penting hingga menjadi prioritas yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Data secara analitik akan menjadi kunci utama transformasi digital, demi menjawab tren untuk perkembangan industri yang sudah berganti menjadi digitalisasi.

Menurut para ahli, perusahaan yang tidak mengelola data-data yang ada secara baik akan sulit bersaing. Pengelolaan konektivitas antara data dengan data, data dengan sumber daya manusia harus dipikirkan dengan matang untuk bersaing di tren industri digital saat ini. Dengan demikian, perusahaan harus secara cepat melakukan perkembangan serta memperhatikan manajemen data demi menjamin kelancaran pertumbuhan bisnis yang sehat.

Perusahaan yang bertransformasi menjadi digital akan mengalami perubahan signifikan pada kegiatan operasional bisnis dan cara melayani klien serta karyawan perusahaan itu sendiri. Hal ini telah umum terjadi di revolusi bisnis digitalisasi, karena semua perusahaan terlepas dari ukuran atau industrinya sudah semakin bergantung kepada data dan teknologi untuk bersaing satu sama lain.

Ada beberapa cara yang digunakan berbagai perusahaan untuk membuat bisnis mereka dapat bersaing pada tren digitalisasi :

• Memanfaatkan Teknologi Baru Untuk Melakukan Efisiensi

Di perusahaan berskala besar akan sangat menyulitkan untuk membangun komunikasi terlebih untuk perusahaan yang memiliki karyawan lebih dari 1000 orang. Ditambah dengan adanya pandemi Covid-19 yang sedang terjadi, perusahaan akan semakin sulit dalam mengelola manajemen perusahaan dari jarak jauh. Dengan memanfaatkan teknologi baru yang mampu mempermudah pekerjaan, dapat dijadikan jawaban yang bisa bersaing di tren digitalisasi ini.

• Infrastruktur diubah menjadi informasi

Data yang semakin lama menjadi lebih penting dibandingkan infrastruktur di tren digitalisasi harus mendapat perhatian dari perusahaan. Dunia digital dipercaya akan lebih terintegrasi dengan data yang akan menyebar secara cepat ke berbagai sektor. Untuk itu, transformasi infrastruktur yang ada menjadi digital dirasa akan sangat membantu.

• Manajemen data secara aktif

Mengingat untuk revolusi manajemen perusahaan menjadi digital untuk bersaing di tren saat ini, manajemen data menjadi satu-satunya hal yang harus diutamakan, memberikan investasi IT secara penuh untuk kelangsungan manajemen data. Dan tidak lupa untuk memperhatikan keamanan dan ketahanan dari data tersebut untuk mencegah data rusak atau downtime yang berisiko.

Dengan bersaing di tren industri digitalisasi yang ada saat ini, akan membuat perusahaan mendapatkan keuntungan lebih, seperti yang kita ketahui revolusi dari kerja secara konvensional menjadi digital akan terus berkembang sampai titik dimana semuanya akan semudah melihat kedalam smartphone kita masing-masing.

Setiap perusahaan harus memikirkan langkah ini, mengikuti tren atau bahkan menciptakan tren yang membuat industri bisnis lebih maju bisa dijadikan topik pembicaraan didalam internal perusahaan. Sudah banyak contoh dari perusahaan yang sukses dengan industri digital yang High-Technology, di luar negeri pun banyak perusahaan yang bisa dijadikan kiblat untuk membuat revolusi digital menjadi sukses diterapkan oleh perusahaan di Indonesia.