18 November 2020

Memanfaatkan Instagram Content Untuk Marketing Secara Maksimal

Instagram adalah media sosial yang beberapa tahun terakhir menjadi perbincangan dan menjadi media penyebaran informasi berupa gambar maupun video dengan cepat. Beberapa informasi atau berita yang dengan cepat penyampainya tersebut menjadikan tingkat suatu hal menjadi viral lebih tinggi. Melihat hal ini marak para pebisnis bahkan pengguna individu dalam pemanfaatan Instagram untuk membuat konten selayaknya blog. Konten yang dibuat pun memiliki berbagai macam bidang kategori yang seusai dengan keahlian atau bisnis penggunanya, mulai dari tips, ilmu, atau bahkan hanya mengenalkan produk.

Instagram sendiri adalah layanan media sosial yang berada dalam payung pelopor media sosial terbesar yaitu Facebook, tidak jauh berbeda dengan blog atau website yang sudah ada pada sebelumnya untuk membuat konten marketing secara digital, Instagram memiliki keunikan tersendiri mengenai algoritma yang digunakannya. Dengan menggunakan algoritma yang unik seperti dimiliki oleh Google, Instagram menghadirkan apa yang akan anda dapati seperti apa yang banyak Anda cari.

Ada beberapa cara menarik mengenai pemanfaatan Instagram Content untuk memaksimalkan marketing bisnis sesuai dengan algoritma yang diadaptasi oleh Instagram, dengan tujuan engagement yang banyak membuat pemasaran secara digital bisa dimanfaatkan untuk bisnis usaha anda :

Melihat Sisi Aktif Pengguna Instagram

Media yang secara sosial digunakan pasti memiliki waktu yang bisa dikatakan sebagai prime time atau waktu teraktif dari para pengguna, tidak terkecuali Instagram, dengan memperhatikan waktu publikasi dari konten Instagram untuk pemanfaatan marketing bisnis secara digital akan meningkatkan konten tersebut di jangkau oleh para pengguna.

Instagram menyatukan keseluruhan konten atau postingan pada platformnya dengan melihat ketertarikan atau engagement pada suatu konten, kolom explore yang bisa dilihat oleh semua pengguna menggunakan algoritma tersebut. Publikasi pada suatu konten di Instagram yang mempunyai banyak interaksi dari pengguna lain seperti likes, comment, share dalam waktu singkat akan mendapatkan tempat teratas pada kolom explore dibanding kan dengan konten yang memiliki sedikit ketertarikan dan interaksi tersebut.

Sehingga waktu publikasi konten ke Instagram untuk marketing anda perlu dicermati, seperti beberapa riset dari media lain untuk waktu terbaik publikasi secara global di Instagram yaitu pada hari, Senin : 06:00, 10:00, 22:00; Selasa : 02:00 , 04:00, 09:00; Rabu : 07:00, 08:00, 23:00; Kamis : 09:00, 12:00, 19:00; Jum’at : 05:00, 13:00, 15:00; Sabtu : 11:00, 19:00, 20:00; dan Minggu : 07:0, 08:00, 16:00. Untuk waktu setempat.

Konten Menarik dan Informatif

Dengan memikirkan design serta cara menarik dan informatif yang membuat pengguna lain tertarik pada publikasi adalah langkah yang bisa digunakan untuk menaikkan engagement untuk suatu konten, menggunakan fitur yang ada pada Instagram pun bisa dimanfaatkan, seperti fitur Carousel post yang memungkinkan untuk publikasi suatu konten lebih dari 1 slide hal ini memungkinkan untuk membuat konten yang informatif dan membuat pengguna lebih lama di konten yang kita publikasikan. Atau mungkin memanfaatkan Caption atau keterangan foto yang bisa di isi dengan pembahasan menarik mengenai konten yang ada publikasikan. Caption sendiri mempunyai keterbatasan dari kata yang diberikan Instagram. Namun, ada cara lain untuk memaksimalkannya seperti menyematkan link kesuatu blog/website usaha anda atau melanjutkannya pada kolom comment sehingga pengguna akan merasa penasaran degan pembahasan yang dirasa menarik oleh mereka.

Fitur di Instagram tidak hanya terbatas pada Feed, ada juga Stories atau IGTV yang bisa digunakan untuk konten yang dipublikasi dalam bentuk video, pemanfaatan Stories pada Instagram ditujukan untuk konten video berdusari singkat, atau membuat video menjadi beberapa potong yang bisa dipublikasi kedalam beberapa slide, sedangkan IGTV adalah fitur Instagram yang ditujukan untuk video berdurasi lebih lama. Memanfaatkan konten video menggunakan fitur-fitur tersebut bisa membuat anda memasarkan produk atau hanya sekedar member informasi lain yang bisa diarahkan untuk pengguna lain tertarik pada produk anda.

Konsistensi Dalam Publikasi

Konsisten dalam semua hal sepertinya memang dibutuhkan. Menjadikan target atau tujuan mencapai keberhasilan harus di iringi dengan konsistensi, dalam marketing digital di Instagram pun juga harus menjaga konsistensinya, dengan publikasi atau konten yang selalu memberikan informasi menarik maupun bermanfaat akan mendatangkan engagement lebih banyak. Ada hal lain juga yang harus diperhatikan untuk konsistensi pada instagram yaitu konsisten dalam membangun brand profile, seperti menjaga pola feeds atau warna identitas dari profile yang digunakan untuk marketing usaha, dan image brand yang mewakilkan produk atau usaha yang ingin dipasarkan.

Beberapa hal yang bisa dijadikan cara untuk memanfaatkan Instagram konten seperti iklan berbayar juga bisa dicoba untuk meningkatkan marketing dan penjualan untuk produk Anda, tidak menutup kemungkinan produk Anda tersebar ke calon pembeli yang memang sebelumnya tidak pernah mengetahui produk yang Anda jual. Menggunakan Instagram juga adalah pemanfaatan teknologi masa kini yang membuat usaha atau bisnis Anda bersaing pada era digitalisasi.